Visi dan Misi Magister Ilmu Hukum

VISI

Menjadi Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum UGM yang kompetitif, mandiri, bermartabat dan dengan dijiwai Pancasila, mengabdi pada kepentingan dan kemakmuran bangsa

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pembelajaran dan pengabdian yang berbasis riset
  2. Berperan aktif menjadikan Fakultas Hukum UGM sebagai fakultas riset kelas dunia, beridentitas kerakyatan, dan berakar pada sosiokultural Indonesia.
  3. Berperan secara aktif sebagai bagian dari Fakultas Hukum UGM dalam mendukung penuntasan transisi UGM menjadi Perguruan Tinggi Negeri yang berkualitas.

 

TUJIAN PENDIDIKAN  

menghasilkan lulusan yang berkualitas, yaitu mempunyai nilai-nilai luhur dan berpegang teguh pada prinsip-prinsip dasar, menguasai pengetahuan hukum, berwawasan luas, mampu mengantisipasi perkembangan dan kebutuhan masyarakat, berfikir secara komprehensif dan responsif terhadap perubahan masyarakat Indonesia.

 

SASARAN DAN ORIENTASI

  1. Mewujudkan pembelajaran berbasis penelitian
  2. Mewuwujudkan program studi sebagai bagian dari FH UGM berkelas dunia dan peningkatan reputasi internasional di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat 
  3. Menempatkan Program Studi MIH sebagai program yang bertanggung jawab pada pengelolaan pelayanan pendidikan.
  4. Mewujudkan lingkungan kampus yang aman, tertib dan nyaman.
  5. Menggalangan dan meningkatkan jaringan kerjasama dengan instansi Pemerintah, non Pemerintah serta dunia industri baik nasional maupun internasional.

SEJARAH SINGKAT

Program S2 Ilmu Hukum diselenggarakan sejak tanggal 1 September 1980 (Tahun Akademik 1980/1981) yang ditangani oleh Lembaga Pendidikan Studi Magister Ilmu Hukum UGM dan berada di bawah koordinasi Fakultas Pascasarjana UGM.
Berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.0322/0/1991 tentang Penutupan Fakultas Pascasarjana dan Pembukaan Program Pascasarjana di Lingkungan Universitas dan Institut Negeri, Fakultas Pascasarjana UGM ditutup dan diganti Program Pascasarjana UGM. Selanjutnya penyelenggaraan Program Studi Magister Ilmu Hukum berdasarkan SK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 580/Dikti/Kep/1993 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program Studi Magister dan Studi Magister Ilmu Hukum di Universitas Gadjah Mada, maka mulai tahun akademik 1994/1995 diselenggarakan sebagai Program Studi Ilmu Hukum Program Pascasarjana UGM.
Sejalan dengan perubahan status UGM menjadi BHMN serta  mewujudkan Universitas Gadjah Mada sebagai Universitas Riset bertaraf international, maka berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 89/P/SK/HT/2006, penyelenggraan program Pascasarjana yang bersifat monodisiplin pengelolaannya dilaksanakan oleh Fakultas. Penyerahan kepada masing-masing Fakultas baik untuk Program Studi Magister Ilmu Hukum maupun untuk Program S,2. Sejak saat itu Fakultas Hukum UGM menyelenggarakan Pascasarjana dengan beberapa program, yaitu Program Studi Magister Ilmu Hukum Ilmu Hukum dan Program Studi Magister. Pada saat ini Program Magister di Fakultas Hukum memiliki 4 (empat) Program Studi, yaitu: Magister Ilmu Hukum, Magister Kenotariatan, Magister Hukum dan Magister Hukum Litigasi.

© 2013 Fakultas Hukum - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. All rights reserved.